6 Bulan – Sudah Makan Apa Saja?

Oke, jangan protes dengan pemilihan judul postingan ini. Gak efektif? Bodo ah hahaha…

Saya cuman pengen cerita kalo hari ini Hani genap berusia 7 bulan dan sudah sebulan lamanya mulai belajar makan makanan padat! Alhamdulillah yihaaaa! Sangat menyenangkan loh menyiapkan MPASI untuk Hani, apalagi si Hani ini tergolong anak yang mudah makannya xixixi.. walau ada saat tertentu dia bosan karena menunya yang gak variatif (misal maniiiisss terus selama beberapa hari) atau ada saat-saat ketika dia gak doyan sama makanannya. Sampai saat ini dia ketahuan gak doyan alpukat, mangga, pisang, dan jambu merah. Tiap dikasih mukanya sepet kayak mau muntahin makanannya haha..

image

ki-ka: puree labu parang - milna bubur khusus - bubur beras coklat plus kaldu daging

Nah, ini dia rekapan makanan yang sudah pernah diberikan ke Hani:
- puree pepaya (california)
- puree mangga
- puree melon
- puree semangka (baby semangka yang merah)
- puree apel (red delicious)
- puree pir (xiang lie, dan lupa satu lagi namanya apa haha)
- puree jambu (jambu air dan merah)
- puree alpukat
- pisang dikerok
- sari jeruk baby
- bubur beras merah (pakai tepung gasol, bisa lihat di gasolorganik.com) + puree buah/sari jeruk
- bubur beras coklat + puree buah/sari jeruk
- puree jagung manis
- puree labu parang
- bubur beras merah/coklat + puree jagung/labu parang
- bubur beras merah/coklat + kaldu daging/ayam

Di antara semuanya yang paling disukain Hani itu: pepaya, semangka, pir, jagung manis! Beh lahap banget makannya.. mangap-mangap teruuus hihi..

Oh ya, selain makan MPASI homemade, Hani juga pernah makan yang instan. Akhirnya, bundanya terpaksa tidak menuruti idealismenya yang satu ini karena berbagai kondisi.

Pertama kali Hani mencoba MPASI instan adalah ketika dia dirawat di RS.. makannya biskuit farley yang diencerkan dengan air putih hangat/ASIP saya. Ternyata dia gak doyan sodara-sodara! Ngahahaha.. akhirnya, hari-hari berikutnya di RS saya meminta suster menyediakan pepaya dan saya meminta suami untuk membawakan home food maker dari rumah. Jadilah di RS saya membuat puree pepaya menggunakan parutan dari home food maker tersebut.

MPASI instan lainnya yang dikonsumsi Hani adalah Milna Bubur Khusus Penambah Berat Badan. Okeee, silakan katakan saya termakan iklan, tapi gak ada salahnya dicoba kan? Dari tiga kali jadwal makan Hani, jadwal pemberian Milna hanya sekali. Yang lainnya buatan sendiri. Kenapa mencoba ini? Karena jujur saya khawatir dengan bb Hani yang malah turun 300 gram ketika sedang sakit dan sampai dirawat sedangkan usianya sudah mau 7 bulan dan belum ada penambahan yang signifikan. Mau bilang gak usah khawatir sama bb yang penting anak aktif? Masalahnya ternyata gak bisa gitu juga loh.. tadinya saya juga beranggapan begitu. Itulah kenapa ada grafik/kurva tumbuh kembang.. duh saya gak bisa terlalu gamblang njelasin, waktu itu pernah dibahas juga sekilas di acara Buah Hati Trans hehe.. semoga saja ikhtiarnya membuahkan hasil yaa.. oh ya kalau disuruh ikhtiar pakai sufor, sori soriiiii gak ada ruang negosiasi untuk itu. Saya masih bisa menyusui dan terus berusaha menyusui Hani sampai dia S3 kelak. Aamiin

Ealaaah kok bahasannya jadi panjang yeee… haha yowis itu aja sih yang mau diceritain. Makin semangat nih untuk nyiapin MPASI 7 bulannya Hani! Oiyeee btw, makin ke sini, aturan 3-4 hari makin saya abaikan haha.. udah gitu nyiapin makanannya juga kebanyakkan dari yang ada di rumah aja, serba dadakan gitu hihi x)

Leave a Reply